Apa itu Email ?? dan Apa Fungsinya ??

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



 Selamat pagi sobat SerDa , apakah diantara kalian ada yang ingin mengenal apa itu email? dan apa kah sebenarnya email itu ? dan apakah fungsi email ?

 Sebelumnya kita pastinya telah mengenal pos surat untuk menyampaikan pesan dengan orang yang diinginkan. Namun sekarang ini karena pertimbangan waktu, menjadikan sarana ini "ditinggalkan" sedikit demi sedikit. Meski masih banyak yang memanfaatkannya dengan alasan dan pertimbangan tertentu.

 Tidak dipungkiri bahwa email sekarang ini telah menjadi kebutuhan dari banyak kalangan, termasuk saya. Pertimbangan bagi sebagian orang menggunakan email adalah lebih cepat sampai pesannya, biaya yang bisa dibilang "murah", dan efisien.

 Ada dua jenis layanan email yang tersedia, fasilitas email berbayar dan gratis. Untuk email berbayar misal ketika kita mendaftar pada sebuah ISP maka kita harus membayar biaya dengan kisaran beragam, tergatung fasilitas email mana yang kita pilih. Selain email berbayar, ada beberapa fasilitas email yang gratis, yang artinya kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendapatkan akun di dalamnya, tidak termasuk biaya koneksi internet. Untuk mendapatkan akun email dari penyedia email gratis, silahkan mendaftar di Yahoo dengan Yahoo! mailnya dan Google dengan Gmailnya.

Email adalah kependekan dari electronic-mail.

Fungsi Email :

  Email adalah alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial semisal Facebook dan twitter maka saat pendaftaran akan membutuhkan email. Saat ini, Email telah berkembang hingga memiliki fungsi yang sangat beragam. Mengirim file, foto, video dan Chat dengan teman dan keluarga menjadi lebih mudah. 

Alamat email terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan tanda @ (baca: at). Sebagai contoh jika ada alamat email seperti berikut:

user_name555@gmail.com

 Di sebelah kiri tanda @ disebut dengan username, menunjukkan identitas dari pemilik akun email. Username bisa berupa nama kita, singkatan nama kita, atau dengan tambahan kombinasi angka dan sebagainya. Sedangkan disebelah kanan tanda @ disebut dengan domain name yang menunjukkan identitas dari mail server di mana user menyimpan pesan emailnya.

 Domain name biasanya juga digunakan untuk menunjukkan nama organisasi, misalnya email seperti ini:
humas@ptmajuterus.com

 Email di atas menunjukkan bahwa pemilik akun emailnya adalah humas pada PT. Maju Terus. Dimana PT. Maju Terus ini adalah sebuah perusahaan yang sifatnya komersial, atau perusahaan yang bergerak dibidang usaha.

 Selain itu kita juga sering menemui email yang berakhiran .edu (biasanya digunakan oleh institusi yang bergerak di bidang pendidikan), .gov (biasanya digunakan oleh institusi pemerintahan), .net (biasanya digunakan untuk institusi jaringan internet), .mil (biasanya digunakan oleh institusi militer), .org (biasanya digunakan oleh institusi organisasi secara umum).

 Kadang juga akhirannya itu menunjukkan lokasi dari email server, akhiran itu contohnya .id (Indonesia), .my (Malaysia), .uk (United Kingdom), .sg (Singapura), .au (Australia), dan sebagainya.

Demikian yang dapat saya sampaikan , semoga bermanfaat untuk kalian semua .

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Apa itu Email ?? dan Apa Fungsinya ??"

Posting Komentar