Mengenal Batik dari Berbagai Daerah di Indonesia

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
 Selamat siang sobat SerDa , kali ini saya akan memberikan sedikit pengenalan batik dari berbagai penjuru di Indonesia , dan setiap daerahnya pun memiliki ciri khas yang berbeda beda, begitu banyak dan beraneka ragam budaya di Indonesia , dan salah satunya batik ini yang sudah di akui dunia ini .Batik yang selalu di peringati sebagai hari Batik nasional ini bertepatan dengan tanggal 2 Oktober . Langsung saja inilah Batik dari berbagai daerah di Indonesia serta sedikit penjelasannya :

Batik Pekalongan

 Ciri khas yang paling menonjol adalah corak dan warnanya, yang memiliki pola lebih atraktif serta bernuansa cerah.Salah satu contoh nama motif batik Pekalongan yang terkenal adalah Jlamprang, dimana coraknya tidak memiliki gambar makhluk hidup dan hanya berupa bentuk geometris.
**Bagi kalian yang berminat untuk membeli batik khas pekalongan bisa dibeli online melalui tokopedia.com/fikrialatas atau bukalapak.com/fikrialatas**

Batik Cirebon

 Batik ini dimasukkan ke dalam kategori batik pesisir karena batik ini tumbuh dan berkembang malaui jalur pesisir utara Pulau Jawa. Motif yang paling terkenal adalah motif Awan Mega Mendung karena batik ini merupakan lambang khas kota Cirebon.

Batik Indramayu

 Batik Indramayu merupakan perpaduan antara budaya Sunda dan Jawa. Batik daerah ini dinamakan batik Dermayon yang sebagian besar mengisahkan kekayaan laut daerahnya. Batik Indramayu memiliki pengaruh dari Tiongkok yang terdapat pada motif Liong, Lokchan.

Batik Rembang

 Batik Rembang banyak dipengaruhi oleh budaya Jawa, Arab, Cina, India, dan Eropa. Ciri khas dari batik ini terletak pada warna merah darah ayam. Yang bermakna dorongan untuk melahirkan jenis batik baru yang disebut batik Tiga Negeri.

Batik Surakarta


 Motif batik ini terinspirasi dari motif klasik Mataram, dan memberikan goresan warna yang berbeda. Ciri khas batik ini berwarna kuning, yang digunakan dalam upacara-upacara keraton Solo.

Batik Purworejo

Motif yang paling populer ialah motif lambang yang dipakai menghiasi candi-candi kuno, seperti Melati Contong sedangkan pada motif klasiknya, seperti Sri Rama, Semen.

Batik Batak

Batik Batak atau Gorga  adalah kreasi dengan menampilkan gorga tersebut sebagai motif batik. Bahan dasarnya adalah Sutra(silk), yang dibuat dengan alat tenun mesin dan katun(catton) yang dibuat dengan alat tenun bukan mesin.

Batik Nias

Perbedaan dari masing-masing kabupaten terlihat dari warnanya. “ Pakaian adat dari Nias Utara dan Nias Induk didominasi oleh warna merah dan hitam. Sedang kalo dari Nias Selatan warnanya merah dan kuning

Batik Papua

Papua juga memiliki batik dengan motif-motifnya yang khas dan banyak diminati lokal maupun mancanegara. Dibandingkan dengan corak batik dari daerah lainnya di Jawa, batik Papua memiliki perbedaan corak yang cukup mencolok. Batik dari daerah ini cenderung lebih gelap namun banyak memiliki motif yang terdiri dari gambaran patung.

Batik Banten

Motif khas Banten yaitu motif datulaya, dasar belah ketupat berbentuk bunga dan lingkaran dalam figura sulur-sulur daun dengan warna dasar biru, variasi motif pada figura sulur-sulur daun berwarna abu-abu pada dasar kain warna kuning.

Batik Sumedang

Dengan warna kain merah, motif batik Kasumedangan yaitu berpola ceplokan motif utama pada latar vertikal, horisontal atau polos, dan menemukan makna-makna simbolis dari motif-motif tersebut.

Batik Garut atau Garutan

Warna cerah dan penuh pada sisi lainnya, menjadi ciri khas batik Garutan. Didominasi warna dasar krem atau gading (gadingan), biru, dan soga agak merah. Adanya warna ungu pada corak / desain batik garutan.
Motif batik Garutan adalah Limar, Merak Ngibing yang menggambarkan sepasang burung merak sedang menari. Kemudian ada corak bulu ayam yang memperlihatkan ekor ayam yang panjang dan dilengkung setengah lingkaran

Batik Aceh


Batik Aceh mengeluarkan warna-warna yang cenderung berani, merah, hijau, kuning, merah muda. Biasanya motif batik Aceh yang tertera pada kain melambangkan falsafah hidup masyarakatnya

 Mari kita melestarikan batik ini sebagai warisan budaya dari indonesia .
 Demikian yang dapat saya sampaikan , mohon maaf jika ada kata kata yang salah . Semoga bermanfaat .

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

8 Responses to "Mengenal Batik dari Berbagai Daerah di Indonesia"